Wisata Sejarah

6 Museum Terbaik di Jaisalmer, India

Di bagian terpencil Gurun Thar Rajasthan, kota dongeng abad ke-12 Jaisalmer menyalakan imajinasi dengan struktur batu pasir dunia lain. Mustahil untuk tidak bertanya-tanya apa yang ada di balik fasad mereka! Untungnya, museum di Jaisalmer memberikan kesempatan luar biasa untuk masuk ke dalam beberapa tempat tinggal paling rumit dan tenggelam dalam kehidupan orang-orang yang pernah tinggal di sana. Anda juga akan dapat mempelajari semua tentang kehidupan rakyat jelata di padang pasir dan masa lalu geologis yang mengejutkan di kawasan ini yang menghasilkan fosil kayu dan laut jutaan tahun yang lalu.

1. Kothari’s Patwa Haveli Museum

Haveli (rumah besar) bangsawan paling spektakuler di Jaisalmer telah diubah menjadi museum pribadi yang memamerkan gaya hidup keluarga Patwa kota, yang merupakan pedagang brokat Jain yang kaya. Keluarga tersebut membangun mansion di awal abad ke-19, bersama dengan empat orang lainnya di cluster tersebut. Secara keseluruhan, butuh lebih dari 50 tahun untuk menyelesaikannya, dan ketika Anda melihat arsitekturnya, tidak sulit untuk memahami alasannya. Bagian luar haveli yang tinggi dan berornamen tercakup dalam ukiran kisi hias halus yang paling menakjubkan. Di dalam, mural cantik dan karya tatahan kaca menghiasi dinding. Setiap kamar telah diatur dengan perabotan antik, peralatan, dan aksesoris untuk menciptakan kembali bagaimana keluarga Patwa hidup. Jangan lewatkan pemandangan panorama kota dan benteng dari atap. Ada toko tekstil dan kerajinan tangan di jalan keluar juga. Luangkan waktu setidaknya satu jam untuk menjelajahi museum, dan sewalah pemandu untuk mendapatkan wawasan mendetail tentang sejarahnya.

2. Jaisalmer Fort Palace Museum

Kediaman kerajaan sebelumnya di dalam benteng Jaisalmer juga merupakan museum dengan pameran eklektik yang menggambarkan warisan kota. Strukturnya lebih sederhana daripada havelis bangsawan Jaisalmer. Tidak semua istana terbuka untuk umum, tetapi Anda akan dapat menjelajahi ruangan tempat pengunjung dihibur dan tempat terpisah antara raja dan ratu. Beberapa kamar, seperti kamar tidur raja, lebih mewah dari yang lain. Sorotan termasuk tahta perak raja, galeri patung abad ke-15, barang antik seperti lukisan, perangko dari bekas negara pangeran di Rajasthan, dan bagian dari prosesi festival Gangaur tahunan Jaisalmer. Istana ini menghadap Dussehra Chowk, alun-alun utama benteng, yang memiliki singgasana marmer putih dan cetakan tangan safron dari wanita kerajaan yang melakukan sati (bakar diri) di sana ketika benteng diserang.

3. Baa Ri Haveli Museum

Penasaran dengan keseharian di benteng Jaisalmer? Anda dapat menemukan seperti apa dari abad ke-15 hingga sekarang di museum dekat kompleks kuil benteng Jain ini. Rumah besar berusia 450 tahun yang menjadi tempat museum ini awalnya milik pendeta Hindu yang menasihati raja. Keturunan baru-baru ini memulihkan dan mengubah mansion dan mengisinya dengan berbagai artefak yang dikuratori dengan cermat yang mencakup semua aspek kehidupan benteng, mulai dari memasak hingga pakaian. Setiap kamar memiliki cerita yang berbeda untuk diceritakan, dan ada juga kuil kecil yang terpelihara dengan indah di properti itu.

4. Thar Heritage Museum

Sejarawan lokal terkemuka, folklorist, dan penulis Laxmi Narayan Khatri mendirikan museum kompak ini pada tahun 2006 untuk menampilkan koleksi pribadinya dari benda-benda yang didedikasikan untuk warisan gurun Jaisalmer dan cara hidup. Ini termasuk fosil laut kuno, senjata, manuskrip yang mendokumentasikan transaksi bisnis antara pedagang lokal dan pelancong dari Asia, koin, lukisan, peralatan, instrumen, kostum, informasi tentang kebiasaan seperti konsumsi opium, dan ritual yang harus diikuti selama kelahiran, pernikahan, dan kematian. . Khatri juga memiliki Emporium Kerajinan Gurun di dekatnya untuk mempromosikan karya bordir rakyat.

5. Desert Cultural Center

Ini adalah museum kecil tapi menarik lainnya yang merupakan puncak dari upaya seumur hidup satu orang untuk mendokumentasikan dan melestarikan budaya gurun di kawasan itu. Didirikan pada tahun 1997 oleh pensiunan guru sejarah lokal Dr. Nand Kishore Sharma. Pertunjukan boneka malam adalah daya tarik terbesar. Namun, museum ini juga menyimpan koleksi alat musik Rajasthani tua, turban, tekstil, foto, dan toko suvenir milik pendiri tempat buku-buku pendiri tentang kebiasaan sosial komunitas gurun lokal tersedia untuk dibeli. Yang menarik adalah kotak pencampur opium tradisional. Kunjungi museum bersama dengan Danau Gadsisar di dekatnya.

6. Jaisalmer Government Museum

Didirikan oleh Departemen Arkeologi dan Museum pada tahun 1984, di sinilah Anda akan menemukan informasi tentang sejarah geologis yang menarik di kawasan ini dengan pameran seperti fosil laut dan kayu purba. Plus, lebih dari 70 patung langka dari pemukiman Kiradu dan Lodurva abad ke-12 di gurun sekitarnya. Lodurva adalah ibu kota penguasa Rajput sebelum mereka mendirikan Jaisalmer.

Join The Discussion