Wisata Alam

10 Tempat Wisata Terbaik di Yordania

Dikelilingi oleh negara-negara seperti Suriah, Arab Saudi, Irak dan Israel adalah negara Yordania. Meskipun jelas berada di jantung Timur Tengah, Yordania dapat merasa lebih liberal, progresif, dan aman daripada beberapa tetangganya. Akibatnya, ini adalah tujuan ideal bagi mereka yang ingin menjelajahi bagian dunia ini.

Perjalanan ke Yordania menawarkan kesempatan untuk mengunjungi kota-kota kuno, mengagumi tebing granit yang megah, melihat gurun terpencil dan bahkan berenang di Laut Mati. Ikhtisar tempat terbaik untuk dikunjungi di Yordania:

1. Madaba

Tepat di sebelah selatan ibu kota adalah Madaba, sebuah kota kecil yang terkenal dengan struktur keagamaan dan seni kunonya. Yang paling terkenal adalah Peta Madaba, sebuah mosaik dari abad keenam yang menunjukkan peta Yerusalem dan tempat-tempat suci lainnya. Peta Madaba ditemukan di Gereja St. George.

Jika Anda tertarik dengan sejarah Madaba, pastikan untuk mengunjungi Taman Arkeologi Madaba serta Museum Madaba. Untuk melihat semua atraksi ini dan lebih banyak lagi dalam satu pemandangan, naiklah ke menara lonceng Kuil Pemenggalan Santo Yohanes Pembaptis, yang dapat menawarkan pemandangan spektakuler.

2. Cagar Alam Dana

Untuk pemandangan dan kesempatan untuk mendaki di alam terbuka, Cagar Alam Dana tidak diragukan lagi salah satu tempat teratas di Yordania. Basis Anda akan menjadi desa Dana abad ke-15, yang sebagian besar tetap asli dan menawarkan beberapa pilihan akomodasi dan makan, jika Anda memutuskan untuk menjadikannya perjalanan semalam.

Alasan utama untuk mengunjungi Cagar Alam Dana adalah untuk mendaki di cagar alam, mendaki dan menuruni ngarai dan lembah. Lanskapnya indah dan murni, memungkinkan pemandangan yang tak terlupakan dan banyak peluang fotografi yang luar biasa.

3. Aqaba

Selain Laut Mati, satu-satunya tepi laut di Yordania ditemukan di Aqaba, satu-satunya kota pelabuhan di negara itu. Aqaba kadang-kadang disebut jendela ke Laut Merah, dan telah lama menjadi tujuan penting bagi negara tersebut.

Baca Juga:  10 Tempat Terbaik untuk Dikunjungi di Normandia, Prancis

Aqaba memiliki perpaduan unik antara kuno dan modern, memungkinkan Anda untuk mengunjungi Benteng Aqaba abad ke-14 atau menginap di resor bintang lima yang mewah dan termasuk yang terbaik di dunia. Ayla adalah catatan khusus, karena merupakan pemukiman kecil dari abad keenam yang sangat terpelihara dengan baik. Aqaba juga merupakan tempat yang populer untuk instruksi scuba diving dan penyelaman berpemandu di Laut Merah.

4. Al-Karak

Jika Anda tertarik dengan kastil, maka Al-Karak pasti patut dikunjungi. Kota Al-Karak, juga dikenal sebagai Karak atau Kerak, terletak di Yordania Selatan. Hal ini dikenal dengan populasi Kristen yang signifikan serta kastil yang menakjubkan. Al-Karak adalah rumah bagi Benteng Kerak, yang pernah menjadi benteng Tentara Salib.

Setelah digeledah, kastil dibiarkan dalam reruntuhan selama hampir 500 tahun. Beberapa pekerjaan restorasi telah dilakukan, dan Anda dapat berkeliling kastil untuk melihat bagian-bagian yang telah dipugar. Di bagian bawah kastil adalah Museum Arkeologi Karak, yang menawarkan koleksi mengesankan yang membantu menjelaskan lebih banyak tentang sejarah wilayah tersebut.

5. Amman

Amman adalah ibu kota Yordania, dan juga merupakan kota terbesar, pusat budaya dan pusat perdagangan. Dalam perjalanan Anda ke Yordania, Anda hampir pasti akan menghabiskan waktu di Amman. Ada banyak reruntuhan Romawi yang dapat ditemukan di Amman, dengan daya tarik utama termasuk Amfiteater Romawi yang besar dan Nymphaeum.

Benteng pasti patut dikunjungi, karena merupakan rumah bagi beberapa bangunan lokal penting seperti Kuil Romawi Hercules dan Istana Ummayad dari batu besar. Jika Anda berada di istana untuk mengumandangkan adzan muadzin, Anda dapat mendengar dan melihat pemandangan yang menakjubkan di kota di bawah Anda.

6. Desert Castles

Di Gurun Timur Yordania, tepat di sebelah timur Amman, ada kumpulan kastil yang bisa dijelajahi. Struktur ini dibangun oleh Bani Umayyah, dan banyak digunakan untuk pertahanan serta tempat tinggal orang Kaliff. Melalui jaringan kastil inilah Bani Umayyah dapat hidup dan berkembang di lanskap gurun yang tak kenal ampun.

Baca Juga:  10 Tempat Wisata Hits di Indonesia

Dimungkinkan untuk melihat beberapa kastil gurun ini dalam satu hari berkendara. Lingkaran dapat membawa Anda ke batu hitam dan mosaik Qasr Al-Hallabat, situs arkeologi Hammam as-Sarah yang sedang berlangsung dan lukisan dinding Qasr Amra yang luar biasa.

7. Dead Sea

Meskipun sebagian besar Yordania terkurung daratan, ia berbagi satu bagian kecil pantai dengan Laut Mati. Laut Mati adalah titik terendah di planet ini, 430 meter (1.400 kaki) di bawah permukaan laut, dan tingkat salinitasnya sangat tinggi. Laut Mati juga memiliki sejumlah ikatan sejarah dan agama, dan itu adalah situs di mana Yesus diduga dibaptis oleh Yohanes Pembaptis.

Ini juga merupakan tempat yang luar biasa untuk relaksasi, karena airnya penuh dengan mineral dan salinitas yang tinggi membuatnya mudah mengapung di punggung Anda. Cara terbaik untuk mengunjungi Laut Mati adalah dengan menginap di salah satu resor mewah di ujung timur laut laut. Di sini Anda dapat menikmati perawatan spa, menyaksikan matahari terbenam di seberang air dan bahkan melihat lampu malam Yerusalem.

8. Jerash

Ketika banyak orang berpikir tentang reruntuhan Romawi, mereka membayangkan tujuan di Eropa. Jerash, bagaimanapun, adalah rumah bagi koleksi reruntuhan Yunani-Romawi yang luar biasa. Mengunjungi Jerash hari ini berarti dapat melihat landmark seperti Hadrian’s Arch, yang berasal dari abad kedua, dan Hippodrome, yang memiliki klasifikasi unik sebagai salah satu hippodrome Romawi terkecil yang pernah dibangun.

Tempat yang bagus untuk memulai waktu Anda di Jerash adalah di Museum Arkeologi Jerash, yang menawarkan koleksi artefak yang luar biasa dan melakukan pekerjaan luar biasa untuk menjelaskan kebangkitan dan perkembangan pemukiman Jerash di abad yang lalu.

Baca Juga:  10 Tempat Wisata di Thailand Wajib Anda Kunjungi

9. Wadi Rum

Di Yordania Selatan adalah Wadi Rum, sebuah lembah gurun yang terkenal dengan pemandangannya yang menakjubkan. Tidak ada pemukiman permanen di wilayah gurun terpencil ini, tetapi suku Badui dan nomaden terkadang melewatinya. Meskipun gurun sering dibayangkan sebagai bukit pasir, Wadi Rum menawarkan pegunungan batu pasir dan tebing granit yang menjulang tinggi.

Banyak atraksi utama di Wadi Rum adalah landmark alam dan formasi batuan serta warna pasir atau batu yang unik. Jembatan Batu Umm Fruth, misalnya, benar-benar luar biasa untuk dilihat secara langsung.

Warna oranye kemerahan khas yang memberikan kualitas dunia lain pada area tersebut telah membawa beberapa film fiksi ilmiah ke sini (seperti The Martian) untuk mereplikasi Planet Merah. Lawrence of Arabia juga menghabiskan waktu di Wadi Rum, sehingga Anda dapat mengunjungi tempat-tempat seperti rumahnya dan yang dikenal sebagai Lawrence’s Spring.

10. Petra

Tempat terbaik untuk dikunjungi di Yordania, dan sekarang salah satu dari Tujuh Keajaiban Dunia yang baru, adalah kota kuno Petra. Juga dikenal sebagai Kota Merah atau Kota Mawar, Petra pernah menjadi ibu kota Kerajaan Nabatea sebelum menjadi bagian dari Kekaisaran Romawi. Pemukiman itu ditinggalkan dan dilupakan selama berabad-abad oleh dunia Barat, tetapi ditemukan kembali pada abad ke-19.

Hari ini, kunjungan ke Petra memungkinkan Anda untuk mengunjungi taman arkeologi kuno, masuk melalui ngarai batu pasir yang dikenal sebagai Siq. Setelah Siq adalah Perbendaharaan yang megah, yang sebenarnya bukan perbendaharaan tetapi mungkin sebuah kuil atau makam kerajaan.

Reruntuhan penting lainnya termasuk Teater Romawi, Biara dan Jalan Fasad, sebuah ngarai besar yang berbatasan dengan fasad berbagai macam makam. Untuk pemandangan paling spektakuler, mendakilah ke Gunung Harun, yang memungkinkan Anda untuk memandang rendah Petra dan arsitektur pahatan batunya yang menakjubkan.

Join The Discussion