Wisata Alam

10 Gereja Stave Terindah di Norwegia

Gereja tongkat adalah gereja abad pertengahan yang terbuat dari kayu. Biasanya ditandai dengan konstruksi tiang dan ambang pintu, yang menggunakan rangka kayu. Gereja-gereja stave terkonsentrasi di Eropa Utara, dan beberapa contoh yang paling menarik dan terpelihara dengan baik terletak di Norwegia. Pengunjung yang menghabiskan waktu di Norwegia dapat melihat beberapa gereja tongkat yang indah ini di seluruh negeri, yang sebagian besar berasal dari abad ke-12 dan ke-13.

1. Gereja Stave Flesberg

Gereja Flesberg Stave terletak di Buskerud County, dan dibangun menjelang akhir abad ke-12. Gereja ini direnovasi secara signifikan pada pertengahan abad ke-18. Akibatnya, hanya sedikit dari struktur yang sepenuhnya asli. Apa yang membuat Gereja Flesberg Stave sangat menarik adalah pagar batu tulis yang mengelilingi bangunan, yang memiliki cincin besi yang melekat padanya. Secara historis, setiap cincin milik seorang petani lokal dan di mana ia akan mengikat kudanya ketika di gereja.

2. Gereja Gol Stave

Seperti namanya, Gereja Gol Stave awalnya terletak di Gol. Namun, hari ini, gereja tongkat ini ditemukan di Museum Sejarah Budaya Norwegia di Oslo. Seluruh struktur itu akan diganti seabad yang lalu untuk membuka jalan bagi gereja baru, tetapi Raja Oscar II memutuskan untuk melestarikannya. Desain yang tidak biasa, dengan beberapa atap bernada, sangat mengesankan sehingga banyak replika telah dibuat. Bahkan ada satu yang ditemukan di North Dakota, Amerika!

Baca Juga:  10 Tempat Terbaik untuk Dikunjungi di Normandia, Prancis

3. Gereja Tongkat Undredal

Pada tahun 1147, Gereja Undredal Stave dibangun di desa kecil Undredal, yang terletak tepat di tepi Aurlandsfjorden. Gereja ini adalah salah satu gereja terkecil yang masih beroperasi di Norwegia. Ini hanya memiliki 40 kursi, dan denah bangunan hanya berukuran 4 kali 12 meter (13 kali 39 kaki). Seperti banyak gereja tongkat abad pertengahan, Undredal telah dipindahkan beberapa kali, seringkali dengan perubahan kecil yang dilakukan di sepanjang jalan.

4. Gereja Roldal Stave

Gereja Røldal Stave unik karena saat ini, ia berfungsi sebagai museum dan gereja yang berfungsi. Pada dua hari Minggu setiap bulan, umat paroki berkumpul di Gereja Rldal Stave untuk kebaktian. Sisa waktu, struktur abad ke-13 terbuka untuk umum dan dilestarikan sebagai museum. Di dalam gereja, patung kayu yang berasal dari abad ke-13 menggambarkan kisah-kisah alkitabiah seperti Perawan Maria dengan anak dan Malaikat Tertinggi Michael mengunjungi Bumi.

5. Gereja Stave Kaupanger

Gereja Tongkat Kaupanger abad ke-12 telah digunakan terus menerus selama lebih dari 800 tahun, yang menjadikannya contoh yang bagus untuk budaya, sejarah, dan warisan lokal. Ini memiliki sejumlah besar tongkat, atau kolom penahan beban, yang membedakannya dari gereja-gereja tua lainnya di Norwegia. Pada abad ke-19, terjadi renovasi drastis pada Gereja Tongkat Kaupanger. Untungnya, bagaimanapun, sebagian besar perubahan yang tidak menarik ini dibatalkan pada 1960-an, menciptakan citra gereja yang lebih akurat mencerminkan asal abad pertengahannya.

Baca Juga:  10 Tempat Wisata Favorit di Brunai Wajib Anda Kunjungi

6. Gereja Renly Stave

Gereja Reinli Stave abad ke-12 di Oppland County kemungkinan adalah struktur ketiga yang berdiri di tempat yang tepat itu. Meskipun itu tidak biasa, yang pasti tidak biasa adalah bahwa struktur sebelumnya adalah bangunan pagan. Gereja Reinli Stave terlihat lebih tradisional daripada beberapa gereja stave lainnya di Norwegia, tetapi masih merupakan pemandangan indah ke masa lalu. Pada abad ke-20, beberapa renovasi memperbarui bangunan, menambahkan hal-hal seperti listrik, lampu, dan pemanas.

7. Gereja Stave Hopperstad

Di luar desa kecil Vikøyri, ada Hopperstad Stave Church. Dibangun pada awal abad ke-12, struktur ini adalah salah satu gereja tongkat tertua di Norwegia. Namun, pada abad ke-19, gereja itu ditinggalkan. Bahkan beberapa kayu berpihak telah dihapus dari bangunan. Syukurlah, gereja itu dibeli dan dipulihkan. Triple nave masih merupakan fitur penting, seperti altar yang didedikasikan untuk Perawan Maria.

8. Gereja Urnes Stave

Dikelilingi oleh keindahan yang indah, termasuk fjord dan ladang hijau subur, berdirilah Gereja Urnes Stave abad ke-12. Karena ini adalah salah satu gereja tongkat paling awal, ini berfungsi sebagai penghubung antara agama Viking dan Kristen yang lebih Barat. Ada banyak gambar binatang, beberapa di antaranya berasal dari Alkitab dan beberapa di antaranya berasal dari mitologi Nordik. Gereja tidak digunakan untuk layanan reguler, tetapi penduduk setempat masih memiliki pernikahan dan pembaptisan dalam struktur yang unik.

Baca Juga:  10 Tempat Wisata Populer di China Wajib Anda Kunjungi

9. Gereja Borgund Stave

Bisa dibilang salah satu gereja tongkat terpelihara terbaik di Norwegia adalah Gereja Borgund Stave. Dibangun kira-kira antara tahun 1180 dan 1250, Gereja Borgund Stave memiliki apa yang dikenal sebagai tata letak basilika, dan memiliki beberapa atap yang menjorok bertingkat. Sejak akhir abad ke-19, gereja tidak digunakan untuk tujuan keagamaan, tetapi sekarang dikelola sebagai museum untuk umum. Catatan khusus bagi pengunjung adalah prasasti yang ditemukan di dinding, yang diyakini berasal dari abad ke-13.

10. Gereja Heddal Stave

Yang terbesar dari semua gereja stave di Norwegia adalah Heddal Stave Church. Heddal dibangun pada awal abad ke-13, dan asal-usulnya memiliki beberapa akar yang tidak biasa. Legenda mengatakan bahwa seluruh gereja, sebuah struktur yang sangat besar menurut standar tongkat, dibangun hanya dalam tiga hari oleh lima petani setempat. Apakah itu benar atau tidak, itu menambah intrik pada gereja. Eksterior Heddal dipulihkan pada abad ke-19 dan ke-20, dan interiornya mengalami perubahan serius di bawah kendali Lutheran pada abad ke-16.

Join The Discussion